Minggu, 30 Juni 2013

MORFOLOGI SAWIT


MORFOLOGI TANAMAN KELAPA SAWIT part 1

Tanaman kelapa sawit yang dalam bahasa ilmiahnya Elaeis Quinensis Jacq ini adalah tanaman sejenis palma, yang terdiri dari akar,batang,daun,bunga,dan buah. berikut ini akan dijelaskan secara singkat tetang karakteristik tanaman kelapa sawit.

Akar

Akar tanaman kelapa sawit adalah sistem perakaran serabut. Akar yang pertama kali muncul saat pembibitan disebut akar RADIKULA. Selanjutnya akar radikula akan mati dan digantikan oleh akar primer dari bagian bawah batang, yang kemudian berkecabang menjadi akar sekunder, tertier dan kuartier. dengan diameter akar primer antara 5-10mm, sekunder 2-4 mm, tertier 1-2 mm dan kuarteir 0,1-0,3 mm.
Akar yang paling aktip dalam menyerap air dan unsur hara adalah akar tertier dan kuartier yang berada pada kedalaman 60 cm dari permukaan tanah dan 2,5 m dari pangkal batang.

Batang

Batang berbentuk tegak lurus dan tidak bercabang dengan diameter batang 45-60 cm dengan pangkal batang 60-100 cm. pada batang menempel pelepah (tempat tumbuhnya daun ) yang membalut batang. Pada umur 25 tahun tinggi batang dapat mencapai 13-18 m.

Daun

Dalam pertumbuhanya daun terbagi atas beberapa tahap perkembangan yaitu Lanceolate adalah daun yang awal keluar pada masa pembibitan yang berupa helaian yang masih utuh. Bifurcate adalah daun dengan helaian daun sudah pecah tetapi bagian ujung belum terbuka. Pinnate adalah bentuk daun dengan helaian yang telah terbuka dengan sempurna dengan anak daun keatas dan kebawah. pada tanaman muda biasanya mengeluarkan 30 pelepah (tempat menepalnya daun ) per tahun dan pada tanaman tua 18-24 pelepah pertahun. Dengan apanjang pelepah 9 m untuk tanaman dewasa dengan 125-200 pasang anak daun dengan panjang 0,9-1,2 m.

Bunga

Bunga kelapa sawit terdiri dari bunga jantan dan bunga betina yang berada pada satu pohon. bunga keluar dari ketiak pelepah bagi pangkal yang bersatu dengan batang. Bunga akan mulai keluar pada umur lebih kurang 14-18 bulan setelah tanam. Pada mulanya yang keluar adalah bunga jantan yang kemudian disusul dengan bunga betina, namun terkadang ditemui bunga banci yaitu bunga jantan dan bunga betina yang berada pada satu rangkaian.

Buah

Pada umunya jenis yang ditanam diindonesia adalah jenis varietas nigrerces dengan warna buah ungu kehitaman saat mentah/buah muda. Buah akan matang 5-6 bulan setelah penyerbukan dengan warna kuliat buah berubah menjadi orange kemerahan. Buah tersusun atas biji-biji yang disebut sebagai brondolan yang melekat pada janjangan yang dalam istilah perkebunannya sering disebut dengan Tandan Buah Segar atau disingkat TBS. Dalam 1 tandan ada 600-2000 biji/brondolan,dengan berat perbiji 13-30 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar